Tutorial Cara Membuat Iklan di Facebook Ads Dengan Mudah

  • January 25, 2022
  • SEO Agency Indonesia
  • 10 min read
5
(90)

Cara Membuat Iklan di Facebook Ads

tutorial cara membuat facebook ads dengan mudah bagi pemula, buat halaman bisnis, atur akun iklan, buat pelacakan dan analisa iklan di facebook

Tidak ada sesuatu yang pasti di dunia, begitupun saat kita melakukan aktivitas marketing dan periklanan. Hanya saja beberapa platform yang telah teruji memiliki tingkat persentase dan kesuksesan yang lebih besar. contohnya adalah Google Ads dan Facebook Ads.

Sementara Google Ads akan kami jelaskan di postingan terpisah, khusus pembahasan kali ini kita akan fokus lebih mendalam terhadap Facebook Ads.

Tutorial Cara Membuat Iklan di Facebook Ads

Facebook sendiri sudah menjadi salah satu media sosial paling terbesar di dunia, yang berlanjut hingga sekarang.

Namun menariknya, setiap segmentasi dan target market kita bisa diatur dan dikelompokkan sehingga proses ngiklan dan promosi kita pun menjadi jauh lebih tepat sasaran.

Tak heran banyak pula perusahaan gede yang memanfaatkan platform periklanan canggih yang satu ini. Jika kamu tertarik untuk ikutan menjaring calon konsumen melalui Facebook Ads, mari kita simak cara mudahnya berikut ini.

1. Jenis Facebook Ads

Tapi sebelum kita masuk ke dalam pembahasan utama cara membuat iklan di facebook, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu mengenai jenis iklan yang tersedia di Facebook.

Dengan begitu kamu bisa mempersiapkan konten terlebih dahulu dengan lebih matang. Masing-masing jenis iklan tentunya memiliki tingkat kesulitan yang berbeda.

Jika dicocokan dengan situasi, segmentasi pasar, dan cara penyampaiannya, maka sudah dipastikan dapat meningkatkan konversi secara drastis.

Adapun jenis Facebook Ads yang bisa kamu pilih dan persiapkan adalah sebagai berikut:

  • Gambar
  • Video
  • Poll
  • Carousel
  • Slideshow
  • Collection
  • Experience
  • Lead
  • Dinamik
  • Messenger
  • Cerita
  • Augmented Reality

Masing-masing darinya memiliki kelebihan dan kekurangan. Akan tetapi jauh lebih baik lagi jika setiap jenis iklan disesuaikan dengan target market dan produk yang tengah dijual.

Jadi, jangan mentang-mentang iklan video memiliki konversi lebih besar kemudian kita serta merta membuat semua konten dengan format yang sama.

Pasalnya, ada sekelompok orang yang menghindari video (misalnya mereka yang ingin berhemat kuota) dan lebih senang melihat-lihat gambar yang ada di FB.

Ada pula dari mereka yang senang berhubungan dengan sesuatu yang kita tanyakan melalui poling. Ada pula yang doyan melihat infografis berupa carousel.

Intinya, sebelum kamu memilih tipe iklan yang akan dibuat, maka lihat dulu pangsa pasar kamu biar ngiklan menjadi jauh lebih efektif dan tak terkesan bakar uang.

Jika sudah direncanakan dan ditentukan, maka tinggal ikuti langkah berikut untuk mulai ngiklan di Facebook.

2. Cara Membuat Iklan di Facebook Ads

Jika kamu sudah memiliki halaman bisnis di Facebook, maka langsung akses ya! Jika belum, maka wajib membuatnya terlebih dahulu ya!

Baca juga   Panduan Memilih Jasa Pembuatan CV Riwayat Hidup Profesional

Caranya adalah dengan meng-klik menu (tanda 9 titik di sebelah foto kita), kemudian di bagian Create pilih Page.

Selanjutnya tinggal ikuti saja instruksi yang sudah disediakan oleh Facebook. Tak akan memakan banyak waktu kok!

Halaman ini bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan, entah itu berupa halaman personal, merk, produk, atau perusahaan.

Jika sudah berhasil dibuat, maka saatnya mulai melakukan ngiklan di Facebook dengan langkahnya sebagai berikut:

1. Tentukan Tujuan

Salah besar jika kamu berpikir bahwa dunia iklan itu hanya ditujukan untuk membuat produk agar laris! Karena sebenarnya, ada banyak manfaat dan goal yang bisa kita capai melalui aktivitas ngiklan tersebut.

Silahkan masuk dulu ke halaman Pengelola Iklan Facebook di https://facebook.com/adsmanager, lalu klik “Buat” untuk memulai kampanye iklan baru.

Di sini, kamu akan ditawari beberapa tujuan ngiklan di platform mereka. Ada 11 tujuan pemasaran yang bisa kamu pilih, diantarnaya:

  • Brand Awareness (meningkatkan nilai merk).
  • Memungkinkan postingan kita dibaca banyak orang.
  • Jaring visitor ke website, aplikasi, atau messenger.
  • Engagement untuk meningkatkan keterlibatan pengguna Facebook terhadap postingan yang kita buat.
  • Instalasi Aplikasi.
  • View Video.
  • Konversi pembelian.
  • Lead Generator.
  • Katalog produk.
  • Trafik ke toko di dunia asli.

Pada contoh postingan kali ini, kita akan mencoba membuat tipe iklan Engagement karena sering digunakan oleh bos-bos elit dalam melawan persaingan di internet yang ketat.

Perlu diingat, masing-masing dari jenis ads memiliki ‘sedikit’ sekali perbedaan, jadi semisal kamu ingin memilih jenis yang lain, maka masih bisa mengikuti tutorial ini.

2. Beri Nama Kampanye Iklan

Nama kampanye ini menjadi judul yang hanya dilihat oleh kita, agar nantinya lebih mudah dalam me-manage jika kamu membuat lebih dari satu iklan.

Jika kamu gulir ke bawah, maka akan menemukan sebuah opsi berupa manajemen budget. Opsi ini sangat berguna bila nanti kamu sudah memiliki lebih dari satu iklan.

Untuk sekarang, kita bisa menonaktifkannya terlebih dahulu. Karena setelah iklan jalan beberapa waktu, kamu akan mengerti sendiri mengenai fitur yang satu ini.

3. Tetapkan Anggaran atau Budget dan Jadwal Ngiklan Kita

Intinya, kita bisa menentukan berapa banyak uang yang bisa kita bayarkan per harinya. Jadi tak ada istilah tagihan membengkak atau biaya tak terduga dengan fitur keren yang satu ini.

Selain itu, kita pun dapat menyetting kapan waktu iklan tersebut akan diaktifkan atau dinyalakan. Katakanlah kantor kamu buka dari jam 7 pagi hingga 4 sore, maka rentang aktifnya iklan pun bisa diset dengan waktu sama.

4. Target Audiens Kamu

Di bagian selanjutnya, kamu akan diminta untuk memasukan target market atau segmentasi pasar. Inilah di balik alasan kenapa Facebook Ads sangatlah efektif dalam menjaring calon konsumen potensial.

Ada banyak kategori yang bisa kamu pilih, dimulai dari lokasi tempat tinggal, usia, jenis kelamin, dan bahasa yang digunakan.

Dengan fitur ini, produk kecantikan khusus wanita tidak akan terlihat oleh para pengguna facebook berjenis kelamin laki-laki. Hebat kan?

5. Pilih Penempatan Iklan

Gulir lagi ke bawah untuk memilih di mana iklan Facebook Ads kamu akan muncul. Jika misalnya kamu masih kebingungan untuk menentukannya, maka bisa menggunakan opsi “penempatan otomatis”.

Baca juga   Panduan Memilih Kursus Webmaster Profesional

Dengan opsi tersebut, nanti Facebook akan secara otomatis menempatkan iklan kita di berbagai macam platform dan media entah itu di beranda, Instagram, Messenger, dan Audience Network.

Seiring dengan berjalannya waktu, kamu pasti akan mengerti betapa pentingnya bagian ini. Ada kalanya kita harus mengkerucutkan target market kita dengan kategori seperti jenis perangkat yang digunakan, media atau platform, penempatan, dan sistem operasi tertentu.

6. Terapkan Keamanan Merek dan Kontrol Biaya

Keamanan merek akan membuat kita terhindar dari konten-konten yang sensitif, entah itu sifatnya politik, agama, perbedaan suku, atau bahkan gambar-gambar syur yang bikin mumet.

Sekalipun kita menyajikan iklan normal pada umumnya, akan selalu ada saja troll yang nebeng promosi atau bahkan menyematkan gambar dan URL tak jelas. Di sinilah kontrol keamanan merk menjalankan fungsinya.

Sementara untuk kontrol biaya menjadi sistem bidding iklan. Semakin besar dana yang kita kucurkan, maka akan semakin terlihat oleh calon konsumen potensial kita.

Karena bagaimanapun juga, akan selalu ada saingan di setiap niche yang kita sasar. Mereka dengan dana lebih besar tentunya lebih berani dalam membakar uang untuk ngiklan, dan seringkali memenangkan posisinya di beranda atau platfom lainnya.

7. Buat Iklan

Langkah terakhir adalah memilih format iklan dengan cara memasukan teks dan komponen media untuk iklan kita. Perlu diingat bahwa bagian ini yang akan dilihat oleh audiens kita.

Maka dari itulah, kreativitas juga dituntut di bagian ini agar iklan nampak menarik secara tampilan ataupun kata-kata manis.

Misalnya, kita bisa membuat animasi pendek atau menambahkan slideshow sebagai pemikat.

Ada preview tool sebelum kamu mem-publish iklan tersebut, sehingga kamu bisa melihat hasil jadinya untuk ditinjau.

Jika sudah yakin dengan tampilan tersebut, klik “Publikasikan” yang dihiasi oleh tombol warna hijau. Dan selamat! Iklan kamu pun sudah aktif!

3. Tips Cara Menggunakan FB Ads AGar Tidak Boncos

Facebook adalah salah satu media sosial yang sering digunakan sebagai tempat berjualan secara online. Bisnis online lebih mudah menjualnya di media sosial Facebook karena aplikasi ini mudah digunakan di mana saja ketika ada jaringan internet.

Untuk mulai membuka penjualan online, Anda dapat memanfaatkan fasilitas periklanan Facebook. Sebelumnya Anda perlu tahu cara beriklan di Facebook sehingga Anda dapat dengan mudah mengaturnya. Banyak pebisnis online yang hanya menggunakan Facebook untuk mengunggah produk, setelah itu menawarkan ke teman-teman Facebook lainnya.

Metode ini kurang efektif, karena tidak dapat menjangkau pelanggan potensial yang lebih luas. Cara paling efektif untuk beriklan di Facebook adalah dengan menggunakan Iklan Facebook. Beberapa bisnis online takut menggunakan Iklan Facebook karena biayanya terlalu mahal. Meskipun ini tidak benar, biaya beriklan di Facebook dapat ditentukan sesuai dengan anggaran yang kita miliki.

Berikut adalah cara beriklan di Facebook yang dapat diterapkan ke toko online Anda.

1. Persiapkan manajer bisnis

Cara beriklan di Facebook yang harus disiapkan saat membuat Iklan Facebook adalah dengan membuat manajer bisnis. Cara membuat manajer bisnis yaitu Anda diharuskan membuat dua akun berbeda, akun pribadi dan bisnis khusus. Nantinya akun bisnis akan digunakan untuk membuat iklan Facebook.

Akun bisnis lebih mudah untuk mengelola Iklan Facebook, sehingga iklan dapat berjalan dengan lancar. Mendaftarkan akun manajer bisnis dapat dilakukan langsung di halaman Facebook. Tekan klik buat akun, lalu isi ID manajer bisnis Anda yang sesuai dengan kartu ID Anda.

Baca juga   Apa itu SSL Security dan Protokol Https

Selanjutnya masuk ke menu pengaturan, pada menu ini Anda melihat berbagai jenis penawaran seperti pembayaran iklan, mitra bisnis, informasi bisnis, permintaan dan pemberitahuan. Langkah selanjutnya adalah menambahkan akun, klik pada orang & aset lalu Tambahkan Akun Iklan Baru.

2. Facebook pixel

Cara berikutnya untuk beriklan di Facebook adalah menyiapkan piksel Facebook, jika Anda belum memilikinya, buat segera. Pixel adalah pelacak mesin, fungsi dalam manajer bisnis yang memungkinkan pengguna untuk masuk ke menu pengaturan.

Setelah memasuki menu pengaturan, pengguna dapat terus mengklik membuat piksel Facebook, selanjutnya, klik piksel, dan melanjutkan. Kehebatan yang dimiliki oleh pixel adalah dapat diinstal pada situs web, piksel dapat merekam pengunjung situs web yang masuk sebagai target iklan.

3. Pilih metode pembayaran

Metode pembayaran adalah langkah yang harus ditanggapi dengan serius. Tentang cara beriklan di Facebook, pengguna diharuskan membayar biaya iklan Facebook. Metode pembayaran dibagi menjadi 2 jenis (kredit & debit). Cara beriklan di Facebook mengharuskan Anda membayar di 3 bank, pilih salah satu bank Mandiri, Jenius atau Permata.

Cara beriklan di Facebook yang aman biasanya menggunakan metode debit. Metode ini dapat menghemat uang Anda. Contohnya seperti menggunakan debit dengan dana 500 ribu, biaya maksimum iklan Iklan Facebook hanya 500 ribu. Langkah-langkah pembayaran Iklan Facebook sangat mudah, memasukkan pembayaran, menambahkan metode pembayaran, mengisi tagihan negara dalam bahasa Indonesia, mengubah arus menjadi rupiah, dan akhirnya mengisi nomor kartu debit dan tanggal kedaluwarsa.

4. Siapkan halaman facebbok / fanpage

Cara selanjutnya untuk beriklan di Facebook adalah menyiapkan halaman. Selesai memilih metode pembayaran, siapkan halaman yang akan dilihat oleh calon pelanggan. Halaman ini dipromosikan oleh Facebook ke semua audiens target Anda. Membuat halaman baru di Facebook cukup mudah. Buka menu pengaturan, klik orang & aset, dan klik tambahkan halaman baru. Kemudian halaman kategori muncul sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Setelah memilih, formulir yang harus diisi muncul.

5. Pemasangan Iklan

Langkah terakhir tentang cara beriklan di Facebook adalah proses pemasangan. Halaman baru yang telah dibuat kemudian diiklankan. Cara mengklik pengaturan, klik pada orang & aset, dan klik tambahkan akun. Langsung ke posting Manajer iklan> klik atur tambah akun> klik negara yang menjadi target promosi> atur mata uang> atur waktu.

Setelah mengatur semuanya klik lanjutkan. Di sini Anda memasuki halaman untuk menetapkan target audiens iklan. Tetapkan juga berapa target biaya iklan di bagian yang digerakkan setiap hari. Misalnya Anda menetapkannya 10 ribu per hari lalu, cukup klik dan klik terus untuk melanjutkan ke halaman berikutnya. Klik langsung pada pos keluar penggunaan, tunggu sampai tim Facebook menyetujuinya.

Demikian pembahasan mengenai cara membuat iklan di facebook.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai

Nilai rata-rata 5 / 5. Jumlah vote: 90

Belum ada rating ! Jadilah orang pertama yang menilai postingan ini.

SEO Agency Indonesia
SEO Agency yang khusus menyediakan jasa SEO profesional dan Content Marketing. Kami fokus mengoptimasi website hingga muncul di halaman pertama google search.